Suara Timur https://www.suaratimur.com Berita terkini, akurat, tepercaya Sun, 11 Nov 2018 00:11:33 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.8 https://www.suaratimur.com/wp-content/uploads/2018/04/SUARA-TIMUR-KOTAK-150x150.png Suara Timur https://www.suaratimur.com 32 32 Catatan Singkat Saya Tentang Komitmen Tonasa Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Rakyat https://www.suaratimur.com/catatan-singkat-saya-tentang-komitmen-tonasa-terhadap-pemberdayaan-ekonomi-rakyat/6396/ https://www.suaratimur.com/catatan-singkat-saya-tentang-komitmen-tonasa-terhadap-pemberdayaan-ekonomi-rakyat/6396/#respond Sun, 11 Nov 2018 00:11:33 +0000 https://www.suaratimur.com/?p=6396 Oleh Rahmat Nur SUARATIMUR-PANGKEP. Tonasa nama yang sangat fenomenal bagi Kabupaten Pangkep, disanalah Pabrik Semen Tonasa I dibangun Tahun 1960 hingga beroperasi

The post Catatan Singkat Saya Tentang Komitmen Tonasa Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Rakyat appeared first on Suara Timur.

]]>

Oleh Rahmat Nur

SUARATIMUR-PANGKEP. Tonasa nama yang sangat fenomenal bagi Kabupaten Pangkep, disanalah Pabrik Semen Tonasa I dibangun Tahun 1960 hingga beroperasi 2 November 1968, seiring pesatnya laju pembangunan, kebutuhan Semen pun meningkat hingga Tahun 1976 dibangunlah Pabrik Semen Tonasa II di kampung Siloro sekarang bernama Desa biringere, saat itu saya masih kelas 4 SD hadir sebagai penari gandrang Bulo menyambut Menteri Perindustrian Bapak M.Yusup pada peletakan batu pertama Pabrik yang diresmikan oleh Presiden Soeharto 1980, selanjutnya berturut turut 1986 didirikan Unit III, Tahun 1996 unit IV Berdiri dan Pabrik Unit V juga berdiri yang diresmikan Oleh Bapak Presiden SBY 2014 yang kebetulan saya hadir…!.bertepatan Ultah yang ke 50 saya ingin berbagi sekelumit cerita pengalaman pribadi terhadap PT. Semen Tonasa.

(* 2001 diawal pemerintahan Ibu Megawati kondisi perekonomian Negara masih mengalami krisis hingga timbul berbagai Kebijakan diantaranya rencana melepas beberapa asset BUMN termasuk 1 diantaranya PT.SEMEN TONASA. Ini menimbulkan pro kontra diantara masyarakat berita menyebar dan jadi polemik bahwa salah satu Perusahaan terbesar Pabrik Semen dari Mexico ingin mengambil alih Semen Tonasa melalui Skema put off.

Entah lobby siapa.. Cemex ternyata mendapat kesempatan untuk mensosialisasikan Profil Cemex dalam suatu acara Silaturahmi dengan ormas pemuda dan tokoh masyarakat Pangkep yang di fasilitasi oleh KNPI pangkep dibawah kendali Ketuanya sdr Lutfi Hanafi di gedung Serbaguna (dulu samping Rujab Bupati) ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh dukungan masyarakat Pangkep, yang justru sangat ditentang oleh Management dan Seluruh karyawan PT.Semen Tonasa melalui wadah SKST ikut hadir berdemo dengan membawa spanduk berisikan penolakan put off tsb.

Melalui juru bahasanya Wapresidir Cemex Mr. Manuel Antonio Noriega menjelaskan Keunggulan Cemex dalam mengelola perusahaan lebih efisien dan tentu akan berdampak pada pemberian kontribusi yang lebih besar pada bidang pendididikan, perbaikan kesehatan dan peningkatan sektor ekonomi bagi masyarakat dan tentu yg lebih utama tambah perolehan PAD bagi Pemda pangkep kedepan janji ini sangat menggiurkan.

Dalam acara tersebut terjadi perdebatan yang cukup panas dengan kehadiran kurang lebih 100 orang karyawan Tonasa dan Pengurus Kompak yang diketuai kala itu Alm Rahman Suppu mantan petinggi di Semen Tonasa yang memprotes penyelenggaraan acara tersebut membuat Sdr Lutfi hanafi sebagai penanggung jawab acara sekaligus moderator terprovokasi mengusir Ketua Kompak keluar gedung acara sangat miris melihat beliau alm Rahman suppu keluar meninggalkan acara dan semakin menambah kegaduhan akibat protes yang diteriakkan oleh beberapa orang pengurus SKST terhadap Cemex.

ditengah alotnya situasi tiba tiba salah seorang Tokoh pemuda pangkep yang fenomenal , mantan wartawan harian fajar dan seniman yang sangat kharismatik alm Sdr Asdar Muis menghentak menyampaikan pendapatnya fakta tentang PT,Semen Tonasa bahwa selama 30 tahun keberadaan Semen Tonasa hanya menguras Sumber daya alam Pangkep tanpa memberi kontribusi yang memadai, hanya memberi debu buat masyarakat pangkep bahkan terdapat kata kata yang lebih keras lagi ( tdk etis jika saya sampaikan),

pernyataan ini membuat seluruh Karyawan Tonasa yg hadir terdiam tanpa seorang yg tampil untuk
mencounter, situasi ini tampaknya menguntungkan Bagi Mr.Noriega. dan tentu itulah yang diharapkan agar masyarakat pangkep mendukung mereka mengambil alih Semen Tonasa.

Inilah Perjalanan Hidup, setiap orang bisa berbeda ! Pernyataan Alm Asdar Muis tersebut Tiba tiba menjadi Inspirasi bagi saya…! saat itu saya hadir Berbaju ormas AMPI..( kebetulan saya terdaftar sebagai anggota AMPI Sulsel yg diketua Pak Nurdin Halid,,saat masih karyawan Puskud HN ), Karena istri saya anak dari salah seorang karyawan Tonasa, secara moril saya terpanggil mengajukan pendapat berbeda “membela “ PT .Semen Tonasa..( belakangan sdr Lutfi Sahabat saya merasa kecolongan)… “kalau Sdr Asdar punya fakta saya juga punya fakta”.

1. Disana ada teman kita tetangga kita keluarga kita yang kerja baik di perusahan Induk maupun anak perusahan yang kerja itu bagian dari kontribusi PT.Semen Tonasa.

2. Multiplier ekonomi di pangkep bergerak itu karena keberadaan Semen Tonasa banyak sektor sektor ekonomi yang tumbuh.

3. Setiap tahun Pemda Pangkep menerima tambahan perolehan PAD, itu juga kontribusi ( ada pendapat itu kewajiban bukan kontribusi).

Bahwa selama 32 tahun orde baru berkuasa management (Direksi) Semen Tonasa memang kiblat mereka hanya ke pusat mereka hanya berkomunikasi denga pth pusat khususnya level dirjen dan menteri jajaran BUMN minimal Gubernur sementara pemda Pangkep hanya dipandang sebelah mata namun era otonomi daerah sekarang saatnyalah kita menuntut mereka untuk lebih meningkatkan kontribusinya tapi jangan sampai PT Semen Tonasa dilepas ke perusahaan Asing.

pernyataan saya ini ternyata mendapat sambutan tepuk tangan meriah dari karyawan Tonasa (saya sempat melihat salah seorang staf humas Tonasa memotret dan menshoting saya) , tapi dengan sigap saya menyuruh mereka menghentikan tepuk tangan tersebut saya khawatir membuat antipati ormas pemuda yg lain terhadap saya terutama sdr lutfi hanafi…saya mengatakan pendapat saya ini tdk berarti saya mendukung Tonasa…( utk meredam jangan sampai teman ormas sinis ke saya ) suasana jadi mentah …status quo ..akhirnya acara bubar…tanpa hasil pasti……

Beberapa hari kemudian bersama teman Ilham Muchtar saya menemui Dirut Tonasa utk diskusi saat itu Bapak Ir.Sadman MBA, saya menyampaikan apakah bapak telah mendengar betapa skeptisnya suara masyarakat Pangkep terhadap PT.Semen Tonasa dalam acara yang KNPI dan cemex, saya menyarankan beberapa terobosan untuk mengambil hati masyarakat Pangkep dan juga memperbaiki humbungan dengan Pemda.(kebetulan saat itu hubungan pemda dan Tonasa lagi tegang..soal urusan Tagihan pajak penerangan Jalan Rp 600.000.000., yang sempat mencuat di harian fajar..)..Kala itu Pak Dirut merespon dengan langsung menaikkan Bantuan permodalan untuk pengusaha kecil (saat ini dikenal CSR) Dari Rp.300. 000 .000 menjadi Rp 1.000.000.000 angka itu cukup fantastis ( saat ini saya dengar sdh mencapai puluhan miliar).

Pertemuan saya dengan pak Dirut saya sampaikan ke Bapak Bupati kala itu Gaffar Pattappe…saya tawarkan agar pak Bupati mau menerima bertemu langsung dengan Pak Dirut Tonasa utk membicarakan perbaikan hubungan timbal balik antara pemda dan Tonasa….2 kali saya bikin acara 1 kali Di auditorium Tonasa Pak Bupati yang berkunjung. 1 kali di ruang pola ktr Bupati (ktr bup lama ) pak Dirut yang berkunjung … semua atas biaya Tonasa ..dihadapan para rekanan dan pengusaha lokal Pangkep Pak Dirut mengemukakan komitmen Tonasa untuk lebih memberdayakan Pengusaha lokal sebelumnya saya berpidato menyampaikan maksud diadakannya acara silatruhmi Dirut dengan para rekanan dan pengusaha lokal Pangkep.!..beberapa waktu kemudian pajak penerangan jalan pun saya dengar terbayarkan.!

Masih banyak dan panjang cerita tapi saya batasi cukup sampai disini ..selamat Hut ke 50 PT Semen tonasa semoga tetap jaya ..!

Melihat hubungan saya dengan Pak Dirut disitulah meminta saya utk meloby Pak dirut agar mitra Pembangunan Perusahan beliau bisa jadi Distributor Semen Tonasa dan berhasil..itulah awal hubungan persahabatan saya dengan Syamsuddin (kini Bupati Pangkep 2 periode..) hingga setelah saya selesai melaksanakan Tugas Di KPU Pangkep saya di jadikan Sekretaris Golkar oleh Beliau hingga sekarang ..! # alfatiha’ Buat Alm Asdar Muis ..secara tidak langsung beliaulah yang membuka jalan buat saya ! Berkarier Di Partai Golkar karena Bersahabat denga Pak Syamsuddin..semoga Th 2019 masyarakat memilih saya jadi Anggota DPRD Pangkep aamin.!.(*)

The post Catatan Singkat Saya Tentang Komitmen Tonasa Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Rakyat appeared first on Suara Timur.

]]>
https://www.suaratimur.com/catatan-singkat-saya-tentang-komitmen-tonasa-terhadap-pemberdayaan-ekonomi-rakyat/6396/feed/ 0
Harisuddin ” Saya Maju Kepala Desa Ingin Mensejahterakan Masyarakat Pammas” https://www.suaratimur.com/harisuddin-saya-maju-kepala-desa-ingin-mensejahterakan-masyarakat-pammas/6387/ https://www.suaratimur.com/harisuddin-saya-maju-kepala-desa-ingin-mensejahterakan-masyarakat-pammas/6387/#respond Sat, 10 Nov 2018 08:07:27 +0000 https://www.suaratimur.com/?p=6387 SUARATIMUR-PANGKEP. Pemilihan kepala Desa Pammas akan berlangsung tanggal 28 november 2018, lima calon yang lolos seleksi akan meramaikan perhelatan demokrasi diwilayah terjauh

The post Harisuddin ” Saya Maju Kepala Desa Ingin Mensejahterakan Masyarakat Pammas” appeared first on Suara Timur.

]]>

SUARATIMUR-PANGKEP. Pemilihan kepala Desa Pammas akan berlangsung tanggal 28 november 2018, lima calon yang lolos seleksi akan meramaikan perhelatan demokrasi diwilayah terjauh Kabupaten Pangkep tersebut.

Yang menarik dari pemilihan kepala Desa Pammas tersebut, juga ikut aktivis pemerhati Kelautan, Harisuddin, sosok yang selama ini sangat getol melawan kelompok nelayan yang merusak ekosistim laut. Keinginan beliau dan apa yang akan dilakukan saat terpilih disampaikan di masjid Agung Pangkep,10/11/2018.

” Saya maju sebagai calon kepala Desa, punya harapan besar untuk mensejahterakan masyarakat Pammas, Potensi Bahari yang melimpah sampai saat ini belum bisa dirasakan banyak oleh sebagian masyarakat, justru kelompok nelayan ilegal Fishing pengguna potassium,handak, pukat harimau yang menguras dan merusak ekosistim laut kami, ini yang menjadi dasar saya untuk berani maju sebagai calon Kepala Desa Pammas”. ungkapnya.

“Desa Pammas yang terdiri dari tiga pulau (pulau Pammantauang, pulau massalima, pulau Saliriang), menyimpan potensi Sumber Daya Alam yang melimpah, salah satunya komoditi ikan,rumput laut,lobster dll, dan kalau ini di kelolah dengan baik, secara profesional akan meningkatkan perekonomian masyarakat kami, pemberdayaan usia produktif dengan pembentukan kelompok Usaha dengan memanfaatkan hasil laut yang ada salah satu cara saya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kami”. Lanjutnya.

Desa Pammas sejak tahun 2013, sampai sekarang belum ada kepala Desa yang menjabat secara defenitif. Baru tahun ini perhelatan Demokrasi yang sempat tertunda, masyarakatnya akan mencari sosok Kepala Desa yang punya potensi dan visi yang membangun mampu meningkatkan Kesejahteraan masyarakatnya dengan pemanfaatan potensi Sumber Daya Alam yang ramah lingkungan dan tidak merusak ekosistem Alam.(Aa)

The post Harisuddin ” Saya Maju Kepala Desa Ingin Mensejahterakan Masyarakat Pammas” appeared first on Suara Timur.

]]>
https://www.suaratimur.com/harisuddin-saya-maju-kepala-desa-ingin-mensejahterakan-masyarakat-pammas/6387/feed/ 0
PPK Kecamatan Turatea Rapat Pleno Penetapan DPTHP https://www.suaratimur.com/ppk-kecamatan-turatea-rapat-pleno-penetapan-dpthp/6383/ https://www.suaratimur.com/ppk-kecamatan-turatea-rapat-pleno-penetapan-dpthp/6383/#respond Fri, 09 Nov 2018 11:10:25 +0000 https://www.suaratimur.com/?p=6383 SUARATIMUR-JENEPONTO.Rapat Pleno Terbuka dalam rangka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan ( DPTHP 1 ) oleh Panitia Pemilihan Kecamatan ( PPK )

The post PPK Kecamatan Turatea Rapat Pleno Penetapan DPTHP appeared first on Suara Timur.

]]>

SUARATIMUR-JENEPONTO.Rapat Pleno Terbuka dalam rangka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan ( DPTHP 1 ) oleh Panitia Pemilihan Kecamatan ( PPK ) Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto hari Jumat 9 Nopember 2018 bertempat di Sekretariat PPK Kec. Turatea di Jl. Poros Sungai Kelara Paitana untuk Pemilihan Legislatif dan Presiden tanggal 17 April 2019 mendatang.

Rapat Pleno terbuka dihadiri oleh Ketua Panwascam Turatea Arifin Dacing, S. PdI, Ketua PPK Kec. Turatea Ahcmad Safri, S. Ag., M. Ag,. Anggota PPK Kec. Turatea Devisi Data Sulaeman Nai dan Devisi Logistik PPK Kec. Turatea Abd. Jabbar, S. PdI, Perwakilan Partai wilayah Kec. Turatea Kab. Jeneponto serta Seluruh Ketua PPS dan Anggota PPS dalam wilayah kerja Panitia Pemilihan Kecamatan ( PPK ) Kec. Turatea Kab. Jeneponto.

Ketua Panwascam Turatea Arifin, S. PdI yang akrab di sapa dg Dacing mengungkapkan persoalan Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan ( DPTHP 1 ) tidak ada masalah namun yang Dia Sayangkan hanya persoalan ketepatan waktu yang tidak sesuai dengan jadwal Pleno yang terdapat di undangan.
” Ungkapnya”.

Sementara itu Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil ( DPTHP 1 ) di bacakan oleh Ketua atau Perwakilan Panitia Pemungutan Suara ( PPS ) dalam wilayah Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto yang terdiri dari 11 PPS.

Maka setelah dibacakan Rekapitulasi tersebut di serahkan kepada PPK yang disaksikan oleh Ketua Panwascam Turatea dan Perwakilan Parpol yang hadir.

( Sheva TRT ).*

The post PPK Kecamatan Turatea Rapat Pleno Penetapan DPTHP appeared first on Suara Timur.

]]>
https://www.suaratimur.com/ppk-kecamatan-turatea-rapat-pleno-penetapan-dpthp/6383/feed/ 0
Waspada,.. Begal Di Pertigaan Desa Mangepong Sudah Menelan Korban https://www.suaratimur.com/waspada-begal-di-pertigaan-desa-mangepong-menelan-korban/6374/ https://www.suaratimur.com/waspada-begal-di-pertigaan-desa-mangepong-menelan-korban/6374/#respond Fri, 09 Nov 2018 01:43:56 +0000 https://www.suaratimur.com/?p=6374 SUARATIMUR-JENEPONTO. Telah terjadi pembusuran dipertigaan Mangepong Desa Mangepong Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto yang menuju arah Munte Desa Bontomatene Kamis 8 Nopember 2018

The post Waspada,.. Begal Di Pertigaan Desa Mangepong Sudah Menelan Korban appeared first on Suara Timur.

]]>

SUARATIMUR-JENEPONTO. Telah terjadi pembusuran dipertigaan Mangepong Desa Mangepong Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto yang menuju arah Munte Desa Bontomatene Kamis 8 Nopember 2018 malam sekitar Ba’da Magrib.

Menurut saksi mata di tempat kejadian perkara Sudirman yang tiada lain adalah Anggota BPD dan juga Personil PPS Desa Mangepong yang akan menjemput keluarga korban yang bernama Armin untuk menuju tempat Rapat Koordinasi Penyelenggara Kecamatan Turatea mengungkapkan Awalnya Korban yang bernama Aldi makan bakso gerobak kendaraan bermotor di pertigaan Jalan arah menuju Munte tiba – tiba ada orang yang naik motor berboncengan dua melintas di tempat kejadian perkara ( TKP ) langsung melakukan pembusuran di atas motornya dan langsung mengenai bagian belakang Pundak korban sehingga korban di larikan ke Puskesmas Bululoe untuk penanganan Medis. ” Ungkapnya.

Namun setelah berselang waktu beberapa menit kemudian petugas Kesehatan Puskesmas bululoe memberikan rujukan ke RSUD Lanto dg Pasewang untuk penanganan medis lebih lanjut.

Motif kejadian pembusuran yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab belum di tahu dan pelaku juga belum terciduk identitasnya. Setelah konfirmasi keluarga korban melalui via telpon, menuturkan bahwa keluarga korban sudah melapor ke kepolisian untuk pengembangan motif kejadian pembusuran tersebut dan kini sudah di tangani oleh pihak kepolisian untuk diproses pengembangan kasus lebih lanjut.

( Sheva TRT). *

The post Waspada,.. Begal Di Pertigaan Desa Mangepong Sudah Menelan Korban appeared first on Suara Timur.

]]>
https://www.suaratimur.com/waspada-begal-di-pertigaan-desa-mangepong-menelan-korban/6374/feed/ 0
Cara PKK Lamongan Cegah Stunting https://www.suaratimur.com/cara-pkk-lamongan-cegah-stunting/6360/ https://www.suaratimur.com/cara-pkk-lamongan-cegah-stunting/6360/#respond Thu, 08 Nov 2018 13:55:22 +0000 https://www.suaratimur.com/?p=6360 SUARATIMUR-LAMONGAN.Edukasi pada keluarga menjadi cara yang ditempuh Ketua Tim Penggerak PKK (TPPKK) Lamongan Makhdumah Fadeli untuk mencegah terjadinya anak dengan kondisi stunting.

The post Cara PKK Lamongan Cegah Stunting appeared first on Suara Timur.

]]>

SUARATIMUR-LAMONGAN.Edukasi pada keluarga menjadi cara yang ditempuh Ketua Tim Penggerak PKK (TPPKK) Lamongan Makhdumah Fadeli untuk mencegah terjadinya anak dengan kondisi stunting.

Dengan menggandeng Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, edukasi tersebut akan digelar secara simultan hingga 14 Nopember mendatang di sejumlah lokasi di Lamongan.

Sementara pencanangan gerakan Pendidikan Keluarga pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan itu dilakukan Makhdumah Fadeli di Pendopo Lokatantra, Kamis (8/11). Hadir pula dalam kesempatan itu Kasubbid Pendidikan Anak dan Remaja Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nanik Suwaryani dan Kabid PAUD Dinas Pendidikan Lamongan Indro Suharto.

Makhdumah Fadeli menyayangkan masih ditemuinya anak dengan kondisi stunting di Lamongan. Padahal Lamongan kaya akan sumber pangan, mulai dari padi, jagung, hingga ikan.

Bahkan beberapa hari lalu Lamongan telah menerima penghargaan Peduli Ketahanan Pangan Award bidang Inovasi Konsumsi Pangan Lokal dari Gubernur Jawa Timur.

Kondisi itu menurutnya dimungkinkan bisa terjadi karena adanya kurangnya pengetahuan orang tua dalam pemenuhan gizi anak, baik saat di kandungan maupun di masa aweal tumbuh kembangnya.

“Oleh karena itu Pemkab Lamongan melalui Dinas Pendidikan bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Sosialisasi Pendidikan Keluarga pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan, “ ujarnya.

Sementara Indro Suharto menjelaskan stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada balita akibat kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek di usianya.

Akibat dari stunting, selain tubuh menjadi kerdi, kecerdasan juga tidak berkembang secara optimal sehingga melahirkan generasi yang lemah dan tidak berkualitas.

“Jika kondisi ini dibiarkan maka tidak mustahil bahwa 10 tahun atau 15 tahun ke depan, tidak akan pernah lahir generasi penerus bangsa yang patut dibanggakan untuk bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia,” ungkap Indro Suharto.

Sedangkan Nanik Suwaryani meyakinkan bahwa Kemendikbud telah melakukan berbagai program intervensi penanganan stunting.

Dia menjelaskan program tersebut dilakukan melalui serangkaian kampanye, publikasi, sosialisasi, informasi dan edukasi perilaku hidup sehat. Kemudian mengajarkan pembiasaan hidup sehat dan makanan sehat, layanan PAUD 0-3 tahun, dan program peningkatan mutu layanan PAUD melalui peningkatan kompetensi guru PAUD,

“Selanjutnya dengan melaksanakan program bantuan operasional penyelenggaraan PAUD, serta peningkatan kompetensi penilik, pamong, tutor dan instruktur pendidikan pertama,” jelas Nanik Suwaryani.

Ditambahkan olehnya, implementasi edukasi ini juga sudah harus diterapkan orang tua sejak anaknya dalam kandungan sampai dengan berusia 2 tahun.

Saat hamil, kata dia, ibu harus mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, mengonsumsi tablet penambah darah, memeriksakan kehamilan secara rutin serta menjaga kestabilan emosi dengan berpikir positif.

Kemudian saat bayi berusia 0-12 bulan agar disediakan benda berbagai bentuk, warna, pola dan bunyi, banyak mengajak berbicara dengan bertatap muka, memvariasikan makanan bayi sesuai usia serta mengajaknya bermain.

Sedangkan ketika bayi berusia 13-24 bulan, agar mengasah kemampuan berpikirnya. Salah satunya dengan mengajak bermain peran, mengasah kemampuan berkomunikasi melalui membacakan buku cerita, mengasah kemampuan bersosialisasi dengan mengenalkan lingkungan sekitar.

Selain di Pendopo Lokatantra, Pendidikan Keluarga pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan juga akan diadakan di MAN Lamongan, SMPN 1 Babat dan Ruang Pertemuan Desa Kemantren Paciran.(Ali)

The post Cara PKK Lamongan Cegah Stunting appeared first on Suara Timur.

]]>
https://www.suaratimur.com/cara-pkk-lamongan-cegah-stunting/6360/feed/ 0
Pelaku Begal Belum Ditangkap, Anggota Sepernas Datangi Polsek https://www.suaratimur.com/pelaku-begal-belum-ditangkap-anggota-sepernas-datangi-polsek/6357/ https://www.suaratimur.com/pelaku-begal-belum-ditangkap-anggota-sepernas-datangi-polsek/6357/#respond Thu, 08 Nov 2018 12:52:04 +0000 https://www.suaratimur.com/?p=6357 SUARATIMUR-JENEPONTO. Dewan Pimpinan Cabang Serikat Pers Reformasi Nasional ( SEPERNAS ) Kabupaten Jeneponto datangi Kantor Polsek Pajjukukang Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan Kamis

The post Pelaku Begal Belum Ditangkap, Anggota Sepernas Datangi Polsek appeared first on Suara Timur.

]]>

SUARATIMUR-JENEPONTO. Dewan Pimpinan Cabang Serikat Pers Reformasi Nasional ( SEPERNAS ) Kabupaten Jeneponto datangi Kantor Polsek Pajjukukang Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan Kamis 8 Nopember 2018.

Maksud kedatangan 8 Orang Anggota Serikat Pers Reformasi Nasional (SEPERNAS) DPC Kabupten Jeneponto ke Polsek Pajjukukang Kabupaten Bantaeng terkait pembegalan terhadap salah seorang Anggota SEPERNAS M. Jufri yang belum tertangkap sampai saat ini atau masih buron.

Sementara itu, Jajaran Polsek Pajjujukang Kabupaten Bantaeng di hadapan 8 orang Personil Dewan Pimpinan Cabang ( DPC ) Serikat Pers Reformasi Nasional berjanji akan menangkap Begal Motor yang sudah sebulan lebih buron.

Dan lanjut Kapolsek Pajjukukang, AKP Saharuddin, SH, menambahkan bahwa Begal Motor yang bernama Inisial KA yang beralamat di Dusun Tombolo Desa Tombolo Kabupaten Bantaeng ini, selain sangat licik juga adalah pencuri ternak dan itu adalah Target Operasi Polsek Pajjukukang,

“Kami kurang tidur untuk berusaha menangkap inisial KA akan tetapi masih sempat lolos. Kami tidak akan tinggal diam, kami pasti cari dan tangkap, jangan khawatir, itu target operasi kami. Pernah Kami Grebeg subuh hingga pagi tapi masih lolos, kami terus memburu pelaku. Kalau kami tidak dapat dan karaeng anca sang Begal tidak menyerahkan diri maka kami jadikan Daftar Pencarian Orang ( DPO )”.

Lanjut Kapolsek Pajjukukang mengungkapkan
sudah banyak caleg yang datang kesini untuk meminta damai tapi Saya Tolak. ” Ujar Kapolsek Pajjukukang “.

Sementara yang di Begal, M. Jufri salah satu anggota SEPERNAS mengatakan, bahwa saya dibegal oleh inisial KA pada Tanggal 25/9/2018 saat melintas di Desa Tombolo Kabupaten Bantaeng dan disitu saya dilempari batu hingga pingsan dan beruntung ada warga yang menolong. ” Ungkap Jufri “.

Dan kemudian M. Jufri melapor ke Kantor Polsek Pajjukukang Kabupaten Jeneponto. Dan Petugas dari Polsek Pajjukukang langsung ke Tempat Kejadian Perkara ( TKP ) dan motornya didapat disalah satu Rumah Kepala Desa.

Motor sekarang ada di Mapolsek Pajjukukang untuk menjadi barang bukti dan tidak boleh dipinjam pakai.
( Sheva )*.

The post Pelaku Begal Belum Ditangkap, Anggota Sepernas Datangi Polsek appeared first on Suara Timur.

]]>
https://www.suaratimur.com/pelaku-begal-belum-ditangkap-anggota-sepernas-datangi-polsek/6357/feed/ 0
Tingkatkan Kesejateraan Masyarakat, KPH Mojokerto Perluas Penanaman Kayu Putih https://www.suaratimur.com/tingkatkan-kesejateraan-masyarakat-kph-mojokerto-perluas-penanaman-kayu-putih/6353/ https://www.suaratimur.com/tingkatkan-kesejateraan-masyarakat-kph-mojokerto-perluas-penanaman-kayu-putih/6353/#respond Wed, 07 Nov 2018 06:12:51 +0000 https://www.suaratimur.com/?p=6353 SUARATIMUR-MOJOKERTO.Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pinggir hutan di Lamongan, Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Mojokerto terus melakukan perluasan untuk tanaman jenis Kayu Putih. “

The post Tingkatkan Kesejateraan Masyarakat, KPH Mojokerto Perluas Penanaman Kayu Putih appeared first on Suara Timur.

]]>

SUARATIMUR-MOJOKERTO.Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pinggir hutan di Lamongan, Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Mojokerto terus melakukan perluasan untuk tanaman jenis Kayu Putih.

“ Kayu Putih cukup pas untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pinggir hutan, karena cukup ekonomis, penyulingan dilakukan sendiri oleh Perhutani” kata Wakil Administratur KPH Mojokerto.

Saat ini tanaman jenis Kayu Putih ini memang belum banyak di Lamongan, namun perlahan pihaknya terus melakukan perluasan area. Imbuhnya.

Daerah Lamongan sudah sekitar delapan ribu hektar tanaman Kayu Putih, tersebar di Kecamatan Mantup, Bluluk, Ngimbang, Sambeng, Modo.

Untuk mewujudkan perluasan area tanaman kayu putih pihak Perhutani akan kerjasama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

Kayu putih sendiri bisa dipanen minimal berumur 9 bulan. Dan depanya diharapkan ada teknologi baru sehingga panennya sudah tidak lagi menunggu lama.

Dan perluasan lahan Kayu Putuh ini sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan bahan baku produksi Minyak Kayu Putih mengingat saat ini Perhutani sudah mempunyai pabrik penyulingan di Dawar Mojokerto. (Ali)

The post Tingkatkan Kesejateraan Masyarakat, KPH Mojokerto Perluas Penanaman Kayu Putih appeared first on Suara Timur.

]]>
https://www.suaratimur.com/tingkatkan-kesejateraan-masyarakat-kph-mojokerto-perluas-penanaman-kayu-putih/6353/feed/ 0
Tambah Wawasan Kader, PIKOM IMM Al-Farabi UM Parepare Galakkan Kajian Rutin https://www.suaratimur.com/tambah-wawasan-kader-pikom-imm-al-farabi-um-parepare-galakkan-kajian-rutin/6350/ https://www.suaratimur.com/tambah-wawasan-kader-pikom-imm-al-farabi-um-parepare-galakkan-kajian-rutin/6350/#respond Tue, 06 Nov 2018 14:34:18 +0000 https://www.suaratimur.com/?p=6350 SUARATIMUR-PAREPARE. Menjadi seorang mahasiswa tidak cuma sebatas mengandalkan materi yang diajarakan oleh dosen di dalam kelas, sebagai mahasiswa sangat penting mengembangkan pengetahuan

The post Tambah Wawasan Kader, PIKOM IMM Al-Farabi UM Parepare Galakkan Kajian Rutin appeared first on Suara Timur.

]]>

SUARATIMUR-PAREPARE. Menjadi seorang mahasiswa tidak cuma sebatas mengandalkan materi yang diajarakan oleh dosen di dalam kelas, sebagai mahasiswa sangat penting mengembangkan pengetahuan apakah itu dengan membaca buku atau mengikuti pembelajaran diluar kampus seperti kajian. Ada banyak organisasi mahasiswa yang mengadakan kajian, termasuk organisasi IMM. PIKOM IMM Al-Farabi Fakultas Teknik UM Parepare mengadakan kajian rutin setiap Minggu. Kajian rutin ini terbuka untuk semua kader IMM, dengan mendatangkan pemateri yang telah melewati jenjang pengkaderan LID ataupun DAM.

Selasa,(06/11/18) Kajian rutin oleh PIKOM IMM Al-Farabi di laksanakan pada Senin, 6 November 2018 di sekret KORKOM IMM UM Parepare, yang di hadiri oleh kader-kader IMM. Zainal Potton sebagai pemateri dengan mengangkat tema kajian “Arti Defenisi”.
Zainal Potton mengutarakan bahwa materi ini sangat penting karena “Materi ini mengajarkan kepada kita bagaimana cara mendefenisikan sesuatu dengan mudah, terstruktur,sistematis dan logis”.
Kajian kali ini berjalan lancar dengan antusias para peserta kajian dalam mengikuti materi.

Sartika sebagai sekum Pikom IMM Al-farabi mengatakan “Saya berharap agar kajian rutin ini kedepannya perserta yang hadir dapat lebih di maksimalkan lagi,kegiatan ini sangat membantu teman-teman kader IMM dalam menambah wawasannya ,karna kajian rutin ini mengangkat tema yang berbeda-beda setiap minggunya.”(latonro)

The post Tambah Wawasan Kader, PIKOM IMM Al-Farabi UM Parepare Galakkan Kajian Rutin appeared first on Suara Timur.

]]>
https://www.suaratimur.com/tambah-wawasan-kader-pikom-imm-al-farabi-um-parepare-galakkan-kajian-rutin/6350/feed/ 0
Saddil Ramdani, Tersandung Kasus Hukum, Ini Nasibnya Di Timnas 23.. https://www.suaratimur.com/saddil-ramdani-tersandung-kasus-hukum-ini-nasibnya-di-timnas-23/6347/ https://www.suaratimur.com/saddil-ramdani-tersandung-kasus-hukum-ini-nasibnya-di-timnas-23/6347/#respond Tue, 06 Nov 2018 07:13:07 +0000 https://www.suaratimur.com/?p=6347 SUARATIMUR- LAMONGAN. Saddil Ramdani sudah dicoret dari daftar Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2018. Tapi pemain bek sayap persela Lamongan itu terbang

The post Saddil Ramdani, Tersandung Kasus Hukum, Ini Nasibnya Di Timnas 23.. appeared first on Suara Timur.

]]>

SUARATIMUR- LAMONGAN. Saddil Ramdani sudah dicoret dari daftar Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2018. Tapi pemain bek sayap persela Lamongan itu terbang ke Jakarta guna menemui tim pelatih tim Garuda.

Ini dilakukan Saddil Ramdani setelah permohonan penangguhan tahanan di Polres Lamongan dikabulkan, Senin (5/11)

Setelah urusan dengan polisi selesai, Saddil Ramdani langsung berangkat ke Jakarta. Pemain asal Sulawesi Selatan ini juga tidak terlihat dalam sesi latihan bersama Persela Lamongan, Senin (5/11).

Pelatih Persela, Aji Santoso mengaku, kepergian Saddil Ramdani ke Jakarta sebagai bentung tanggung jawabnya ke Timnas Indonesia.

“Tadi Saddil sudah pamitan ke Jakarta, ke timnas. Saddil dipakai atau tidak dipakai harus menghadap ke Jakarta, menghadap ke tim pelatih. Kalau tidak dipakai, sebab wewenang itu di pelatih,” jelas Aji Santoso .

Saddil Ramdani tersandung kasus hukum di Polres Lamongan. Dia sempat dipanggil ke dalam 23 pemain yang disiapkan timnas Indonesia untuk menghadapi Piala AFF 2018.

Meski saat ini dirinya bisa bebas, namun polisi masih menetapkan dirinya sebagai tersangka kasus penganiayaan kepada seorang gadis berinisial AS

Aji Santoso mengatakan kalau nantinya memang tidak dipakai lagi di tim Garuda, Saddil akan pulang dan latihan bersama Persela.( Ali)

The post Saddil Ramdani, Tersandung Kasus Hukum, Ini Nasibnya Di Timnas 23.. appeared first on Suara Timur.

]]>
https://www.suaratimur.com/saddil-ramdani-tersandung-kasus-hukum-ini-nasibnya-di-timnas-23/6347/feed/ 0
Miris, Ketagihan Mencuri,Kepala Desa Bendonglaten, Ditangkap https://www.suaratimur.com/miris-ketagihan-mencurikepala-desa-bendonglaten-ditangkap/6344/ https://www.suaratimur.com/miris-ketagihan-mencurikepala-desa-bendonglaten-ditangkap/6344/#respond Mon, 05 Nov 2018 22:58:23 +0000 https://www.suaratimur.com/?p=6344 SUARATIMUR-TUBAN.Seorang Oknum Kepala Desa berinisial SO (39) warga Desa Bendonglateng, kecamatan Kenduruan, Kabupaten Tuban ini diringkus oleh Satuan Reskrim Polres Bojonegoro karena

The post Miris, Ketagihan Mencuri,Kepala Desa Bendonglaten, Ditangkap appeared first on Suara Timur.

]]>

SUARATIMUR-TUBAN.Seorang Oknum Kepala Desa berinisial SO (39) warga Desa Bendonglateng, kecamatan Kenduruan, Kabupaten Tuban ini diringkus oleh Satuan Reskrim Polres Bojonegoro karena terbukti melakukan pencurian di sejumlah titik diwilayah Bojonegoro.

Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli, dihadapan para awak media saat pers rilis menyebutkan bahwa ditangkapnya pelaku pencurian ini adalah hasil pengembangan rekan korban yang ditangkap duluan di Wilayah Kecamatan Tambakrejo.

“Polisi kemudian melakukan penyelidikan atas penangkapan tersebut dan kemudian pelaku kita tangkap, ” Jelas kapolres Bojonegoro, senin (5/11/18).

Kapolres Bojonegoro juga menjelaskan bahwa pelaku ini melakukan tindak pidana pencurian bersama rekannya yang menjadi joki berinisial SM (60), dari hasil penyidikan pelaku telah melakukan pencurian sebanyak 5 kali di Bojonegoro.

“Pelaku masih kepala Desa aktif, dan melakukan pencurian di 5 TKP,” Lanjut Kapolres.

Adapun barang bukti yang diamankan adalah barang barang hasil pencurian, diantaranya adalah perhiasan emas, uang sisa hasil pencurian, obeng dan tang untuk membobol rumah korban.

Sebelum melakukan pencurian pelaku ini bersama jokinya melakukan pengawasan dulu terhadap sasaran rumah yang akan menjadi sasarannya, kemudian dipetakan juga.

Setelah dirasa aman untuk melakukan pencurian, kemudian pelaku melancarkan aksinya.

Akibat perbuatannya kedua pelaku diancam Pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara. (Ali)

The post Miris, Ketagihan Mencuri,Kepala Desa Bendonglaten, Ditangkap appeared first on Suara Timur.

]]>
https://www.suaratimur.com/miris-ketagihan-mencurikepala-desa-bendonglaten-ditangkap/6344/feed/ 0