oleh

UMPAR BAITUL ARQAM CETAK KADER 158 MAHASISWA

SUARATIMUR-PAREPARE. Universitas Muhammadiyah Parepare (Umpar) adalah salah satu Amal Usaha Muhammadiyah di bidang Pendidikan yang diharapkan menjadi laboratorium kader Islam dan Kader Muhammadiyah yang mumpuni
melalui Lembaga Pengkajian Islam Kemuhammadiyahan dan Kader (LP2IK) Umpar menyelenggarakan Baitul Arqam Mahasiswa diselenggarakan tgl 27-29 Oktober 2017 di pusatkan di Gedung Serba guna Aisyiyah Kota Parepare jln Panti Asuhan. 

Kegiatan ini diikuti peserta sebanyak 158 Orang Mahasiswa semester akhir dari berbagai bagai Fakultas dan prodi.Tujuan dari pelaksanaan Baitul Arqam ini,selain sebagai matakuliah Kokurikuler yang berbobot 2 SKS ini adalah upaya untuk mencetak kader-kader Muhammadiyah yang Militan dan Unggul, baik sebagai kader Ummat,Kader Persyarikatan maupun Kader Bangsa. 

“Peserta ini kita asramakan dan diberikan berbagai skill dan keterampilan khusus,baik yang terkait dengan manejerial, keorganisasian, public speaking, kemuhammadiyahan serta wawasan kebangsaan”. Imbuh Saiful selaku Panitia Pelaksana.

Di sesi pembukaan ketua LP2IK Umpar Dr.H.Mahsyar Idris,M.Ag dalam sambutannya ” Seorang kader yang baik apabila tiga dimensi dalam dirinya terpenuhi kebutuhannya,yaitu dimensi Kognitif, Efektif dan Psikomotoriknya.Ketiga ini harus imbang dan paralel apabila salah satunya tidak terpenuhi maka akan melahirkan kader yang berkepribadian ganda atau Split Personality dan jika Orang Orang seperti ini yang diberi wewenang mengelola negara maka akan melakukan kerusakan, seperti yang terjadi dinegara kita ini “. ungkapnya.

Rektor Umpar Prof Dr.H.Muhammad Siri Dangnga,MS menyampaikan amanah saat membuka acara ” Mahasiswa yang baik adalah mahasiswa yang memiliki Imtaq dan Menguasai IPTEK, kalau mau sukses maka kuasai keduanya dan Muhammadiyah sebagai organisasi modern dan berkemajuan sangat konsen melahirkan calon pemimpin yang ideal dalam rangka mewujudkan cita-cita Muhammadiyah yaitu ” Menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya”

Baitul Arqam ini didampingi 13 Tim Instruktur yang dimandatir oleh Majelis Pendidikan Kader Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Parepare.Inti Materi ada 7 Antara lain, ketauhidan, Ibadah sesuai tuntunan Rasul, Praktek ibadah, Akhlak, Kemuhammadiyahan, Wawasan kebangsaan oleh Dandim 1405 Mallusetasi, Lazismu Gerakan Filantropi Islam dan ada pemateri Tamu yaitu Prof Dr.H.Khairuddin Bashori,MA (Guru besar UMY dan UAD) yang juga sebagai ketua Lembaga Pengembangan Pesantren Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Acara dikemas semenarik mungkin dengan tiga model forum yaitu penerimaan materi dikelas, Shalat Lail, Kultum,kajian tadarrus al Qur’an dimasjid dan kegiatan outbond lapangan. (Saiful). 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed