Kapoposang pusat Deklarasi  dan Kampanye Destruktif fishing

306 views

SUARATIMUR.PANGKEP. Keseriusan Pemerintah Pusat dan Daerah tentang bahaya Destructive fishing, diwujudkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan melaui Ditjen PSDKP dengan melaksanakan kampanye penanggulangan Destructive Fishing serta deklarasi bebas destuctive fishing  pada hari jumat 3 Nov 2017 di Pulau Kapoposang Desa Mattirujung Kab. Pangkep,Dengan tema  kegiatan Bersama Melawan Bom Dan Racun Ikan. 

Hadir dalam acara ini Direktur PSDKP M. Eko Rudiyanto bersama rombongan, Kadis kelautan dan perikanan Kabupaten Pangkep, Kades Mattiroujung, Forum masyarakat Maritim Pangkep dan aktivis kepulauan.

Dalam sambutan Eko Rudiyanto mengapresiasi pemerintah setempat karena dalam hal ini kepala desa karena telah berhasil mengajak masyarakatnya menggunakan alat tangkap ramah lingkungan dan menurunkan angka pengrusakan di wilayah perairan kapoposang.

” Saya mewakili Menteri Kelautan sangat mengapresiasi  dan bangga atas keberhasilan masyarakat Kepulauan Pangkep terkhusus diwilayah Kapoposan dengan kerja sama pemerintah Daerah maupun Aparat Kepolisian mampu menurunkan angka pengrusakan biota laut khususnya Terumbu karang, dan saya mengajak masyarakat untuk sama-sama menolak membeli ikan hasil bom dan bius.”

Dalam sambutan lain Kepala dinas Perikanan  Kabupaten Pangkep mengajak kepada seluruh masyarakat untuk ukut bersama-sama mejaga kelestarian laut khususnya wilayah perairan pangkep.

“Kita semua adalah ujung tombak Kelestarian biota laut,  kita tidak menginginkan anak cucu kita susah mencari ikan  padahal kita kabupaten kepulauan, dan harapan kami  pemerintah setempat dalam hal ini kepala desa untuk selalu tetap berkoordinasi dengan dinas kelautan dan perikanan pangkep.” ungkapnya. 

Salah satu rangkaian kegiatan ini  adalah Deklarasi Kapoposang dimana tujuannya mengajak masyarakat untuk memerangi Destructive Fishing. 

Dalam deklarasi ini melibatkan semua unsur dan yang hadir turut bertandatangan termasuk tokoh-tokoh masyarakat. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pelepasan bibit ikan kerapu sebanyak 100.000 ekor, kepiting 10.000 ekor, Bandeng laut 50.000 ekor, kakap 100.000 ekor dan berbagai jenis lainya.(ariel).

deklarasi destruktif fishing kapoposang pusat

Posting Terkait