Dua Bulan Tidak Terima Gaji Karyawan PT CPI Mogok Kerja

189 views

Aksi mogok kerja karyawan PT CPI

SUARATIMUR.COM, MANADO – Karyawan outsorcing PT.CPI yg bekerja di lingkungan PLN area Manado melakukan aksi mogok kerja. Menurut sekretaris wilayah KSBSI sulawesi Utara, Roman sondakh, aksi mogok kerja ini karena haknya sebagai pekerja yaitu gaji selama dua bulan belum mereka terima.

Ratusan karyawan yang dipekerjakan di PT PLN meliputi kantor PT PLN Rayon Kawangkoan, Tomohon, Tondano, Ratahan, Amurang, dan Motoling, meminta pihak perusahaan agar memperhatikan kesejahteraan karyawan.

Dalam aksi mogok ini para pekerja menyampaikan sejumlah tuntutan diantaranya, perbaikan upah meminta perusahaan wajib melaksanakan pelatihan sertifikasi kepada setiap karyawannya, meminta perusahaan wajib memberikan pesangon kepada karyawannya sesuai UU Ketenagakerjaan tentang masalah pesangon, meminta perusahaan mengadakan seragam kepada karyawan dan meminta perusahaan segera mengembalikan semua biaya yang dikeluarkan karyawan berobat ke dokter hingga ke rumah sakit. Menurut para pekerja perusahaanjuga menunggak BPJS kesehatan.

Sebelum Aksi mogok kerja ini dilaksanakan,sudah ada kesepakatan antara karyawan dan perusahaan yaitu pada tanggal 7 oktober, bahwa gaji karyawan untuk Agustus dan September akan di bayarkan sekaligus dua bulan pada tanggal 16 oktober 2017 tetapi kesepakatan itu tidak di laksanakan.
Rencana aksi mogok kerja ini akan di laksanakan selama dua pekan terhitung 17-31 oktober 2017 dan
PT PLN wilayah Suluttenggo dan PLN Area Manado harus bertanggung jawab karena PLN yg memaksakan mereka di alihkan dari Kopkar Volta PLN Area Manado ke PT CpI.

KSBSI Sulut sudah menyatakan menolak peralihan tersebut karna pekerjaan mereka salah satu pekerjaan utama PT PLN ucap Pengurus Komisariat Federasi konstruksi, umum dan Informal Serikat Buruh Sejahtera Indonesian PT Central Power Indonesia Alke Masengi dan sekretaris Setly Engka.

Aksi mogok ini mendapat dukungan dari Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia melalui sekretarisnya Romel Sondakh, dia mengatakan pihaknya akan memfasilitasi karyawan dengan pihak perusahaan agar tercapai kesepakatan yang saling menguntungkan demi keberlangsungan kerjasama.

“Kami berkewajiban untuk mencarikan solusi agar baik karyawan maupun perusahaan sama-sama tidak ada yang dirugikan maupun diuntungkan,” urai Romel.

(Danial)

mogok kerja outsourching PLN PT CPI

Posting Terkait